Cara Ganti Thermal Paste Komputer Dengan Benar dan Optimal Netbook ganti es1 selasa jmp

Cara Ganti Thermal Paste Komputer Dengan Benar -Kalian para hobies PC tercinta, pernahkah kalian merasakan komputer kalian semakin berat dalam penggunaannya?

Berbagai kemungkinan bisa menjadi penyebabnya seperti komponen yang mulai aus atau terlalu banyak program yang berjalan saat PC digunakan. Tapi, jangan sepelekan soal pasta thermal paste pada PC-mu!

Kenapa Thermal Paste Begitu Penting?

ilustrasi thermal paste

Gimana kalau kawulagi jelasin bahwa thermal paste ini jadi penghubung antara CPU dengan heatsink yang berfungsi mengalirkan panas dari prosesor ke heatsink dan dialirkan keluar ke udara oleh fan pada heatsink.

Jadi thermal paste ini menyatukan prosesor dan heatsink agar prosesor dapat bekerja dengan dingin sehingga kinerjanya optimal.

Cara Ganti Thermal Paste Pada PC

Nah, kalau sudah waktunya ganti thermal paste, kalian tidak perlu bingung. Karena saya akan contaohkan cara yang benar dan sesuai untuk para hobies PC yang cerdik!

Untuk kamu para hobies PC yang cerdik, berikut adalah panduan singkat untuk mengganti thermal paste pada PCmu sendiri.

Cara Pertama:

1. Matikan PC dan cabut kabelnya

2. Buka CPU casing

3. Lepaskan heatsink dari prosesor. Biasanya heatsink dipasang dengan dua palang plastik pengait (clip) dengan memutar palang plastik stressor jam 90 derajat. Biarkan bila kawulagi tidak bisa lepas, nanti kawulagi kontakin ahli untuk bantar.

4. Bersihkan kitas dan heatsink dengan tissue yang lembab. Tapi ingat jangan pake air ya, karena bisa membuat komponen rusak. Jika ada bekas thermal paste pada heatsink ataupun prosesor bisa bersihkan dengan krim penghilang cat (cat remover) dikasih sedikit saja dengan kapas.

Cara Kedua:

1. Gunakan pisau cukur sebagai alat pembersih (scrapper) dan bersihkan tempat yang akan dipasangkan thermal paste pada heatsink dan prosesor. Hal ini berfungsi agar permukaan tempat thermal paste menempel bersih dan pas.

2. Teteskan thermal paste pada prosesor, disarankan gunakan pasta dengan ketebalan tipis dan menyebar merata pada prosesor.

3. Pasang kembali heatsink ke atas prosesor dengan memutar palang plastik pengait sebelumnya.

4. Tutup kembali casing PC dan pasang kabelnya.

5. Hidupkan PC-mu dan lihat perbedaannya!

Keunggulan Terkait dengan Penggantian Thermal Paste

ilustrasi thermal paste

Setelah kalian berhasil mengganti thermal paste pada PC-mu, perhatikan perbedaannya. PC akan lebih dingin saat digunakan dan PC-mu terasa lebih ringan saat dioperasikan.

Hal ini terjadi karena thermal paste yang baru mengalirkan panas dengan baik sehingga komponen PC-mu bekerja secara optimal.

So, kalian para hobies PC cerdik nggak perlu khawatir lagi ketika membawa PC-mu ke tempat service karena kali ini kalian sudah memiliki pengetahuan dasar yang cukup untuk mengganti thermal paste sendiri.

Selain bisa mengehemat uang, kamu juga bisa menghemat waktu dengan melakukan perawatan rutin pada PC-mu. Jangan lupa perhatikan agar setiap komponen PC tetap terjaga dengan baik, ya!

Demikian Cara Ganti Thermal Paste Komputer Dengan Benar Tips singkat semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *