cara membuat npwp Langkah dan cara membuat npwp online mudah bagi pemula

Jika Anda merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) atau wajib pajak pribadi, pasti tidak asing lagi dengan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP diperlukan sebagai tanda identitas pada saat melakukan aktivitas perpajakan.

Cara Membuat NPWP untuk UMKM

Cara Membuat NPWP untuk UMKM

Bagi UMKM, NPWP dibutuhkan untuk memudahkan dalam mendapatkan akses kredit dan untuk mengecek kelayakan perpajakan. Berikut ini adalah cara membuat NPWP untuk UMKM.

  1. Persiapkan dokumen yang diperlukan
  2. Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk membuat NPWP UMKM antara lain:

    • Fotokopi KTP pemilik usaha
    • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    • Surat Keterangan Domisili Tempat Usaha (SKDTU)
    • Surat Keterangan Penghasilan (SKP)
    • Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  3. Membuat akun DJP Online
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat akun DJP Online di website Direktorat Jenderal Pajak. Pilih menu Registrasi kemudian isi form sesuai dengan data pribadi Anda.

  5. Mengisi formulir permohonan NPWP UMKM
  6. Setelah membuat akun DJP Online, selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan NPWP UMKM. Formulir tersebut dapat diunduh di website DJP Online.

  7. Memasukkan data dokumen pendukung
  8. Sesudah mengisi formulir permohonan, Anda perlu mengunggah dokumen pendukung seperti KTP, SIUP, SKDTU, SKP, dan SITU. Pastikan semua dokumen sudah di-scan terlebih dahulu.

  9. Menunggu verifikasi dari DJP
  10. Setelah semua dokumen diunggah, Anda harus menunggu verifikasi dari DJP. Waktu verifikasi ini biasanya berkisar antara 1-3 hari kerja.

  11. Mendapatkan NPWP
  12. Jika verifikasi berhasil, maka Anda akan langsung mendapatkan NPWP UMKM. NPWP tersebut bisa dicetak di website DJP Online.

Syarat Membuat NPWP

Syarat Membuat NPWP

Tidak hanya UMKM, wajib pajak pribadi juga harus memiliki NPWP. Pada umumnya, persyaratan untuk membuat NPWP antara lain:

  1. Memiliki identitas yang jelas
  2. Untuk wajib pajak pribadi, identitas jelas antara lain adalah memiliki KTP sebagai dokumen identitas. Sedangkan untuk badan usaha, dokumen yang menyatakan identitas jelas antara lain adalah Akta Pendirian, TDP, SIUP, dan lain sebagainya.

  3. Memiliki penghasilan
  4. Anda harus memiliki penghasilan baik dari gaji, usaha, kepemilikan properti, dan lain sebagainya. Nilai minimum penghasilan yang harus deklarasi dalam NPWP adalah Rp 54 juta per tahun.

  5. Telah melakukan aktivitas transaksi
  6. Anda juga harus melakukan aktivitas transaksi seperti pembelian dan penjualan, jasa, dan lain sebagainya.

Cara Membuat NPWP Online untuk Pribadi

Cara Membuat NPWP Online untuk Pribadi

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat NPWP online untuk pribadi, berikut adalah tahapannya:

  1. Mengunjungi website DJP Online
  2. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi website DJP Online.

  3. Registrasi akun
  4. Setelah itu, registrasi akun dengan mengisi data yang diperlukan seperti nama lengkap, email, dan password.

  5. Mengisi data diri
  6. Setelah berhasil registrasi, lanjut dengan mengisi data diri seperti Nama, Tanggal Lahir, NIK, alamat sesuai KTP, dan nomor telepon.

  7. Mengunggah dokumen identitas
  8. Anda juga harus mengunggah dokumen identitas seperti KTP dan KK. Pastikan dokumen yang diunggah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh DJP.

  9. Menunggu verifikasi dari DJP
  10. Jika semua dokumen sudah dikirim, selanjutnya Anda tinggal menunggu verifikasi dari DJP. Waktu verifikasi biasanya memakan waktu 1-2 hari kerja.

  11. Mendapatkan NPWP
  12. Jika verifikasi berhasil, Anda akan langsung mendapatkan NPWP yang bisa dicetak di website DJP Online.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara membuat NPWP untuk UMKM dan pribadi. Dengan memiliki NPWP, Anda akan lebih mudah dalam melakukan transaksi bisnis dan mendapatkan akses kredit. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan dengan benar agar proses pembuatan NPWP berjalan lancar.