Kirim CV Gak Boleh Sembarangan, Lho! Ini Waktu yang Tepat

  • Share

Kirim CV alias curriculum vitae ternyata gak boleh sembarang waktu. Sebab, ini berpengaruh terhadap besar tidaknya peluang CV kamu bakal dibaca oleh HRD.

Gimana gak, ada banyak CV yang masuk ke e-mail HRD dalam sehari, bahkan bisa ratusan atau ribuan. Jadi, biar surat lamaran kerja kamu gak terlewatkan, coba deh buat mengirimkannya di waktu yang tepat.

Dengan begitu peluang kamu untuk dipanggil interview dan diterima kerja lebih besar! Lumayan kan gajinya bisa digunakan untuk memenuhi anggaran tabungan, investasi, dan asuransi kesehatan!

Balik lagi ke topik awal, waktu-waktu kayak gimana yang memperbesar peluang CV-mu terbaca oleh HRD? Berikut Tips dan Trik dari Raden Mas Dwi  :

 

1. Hari itu juga saat lowongan dipublikasikan

Kalau kamu kirimkan CV saat hari itu juga pas lowongan baru aja dipublikasikan, peluang CV-mu dibaca bakal sangat tinggi.

Jumlah pelamar kerja yang mengirimkan surat lamaran mereka masih sedikit banget. Jadi, CV kamu hampir pasti bakal dibaca karena HRD pun masih getol-getolnya menunggu kiriman CV.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu udah siapkan CV semenarik mungkin sejak awal. Dengan gitu, kamu gak perlu buru-buru bikin CV saat mau dikirimkan. Kamu cukup mengubah kata-kata di bagian cover letter-nya aja deh!

 

2. Sehari hingga tiga hari setelah lowongan dipublikasikan

Sehari setelah lowongan kerja dipublikasikan pun masih jadi waktu terbaik mengirim CV. Bahkan, hingga dua atau tiga hari kemudian.

Di waktu-waktu tersebut, belum banyak pelamar kerja yang mengetahui iklan lowongan dari perusahaan terkait. Jadi kamu bisa manfaatin waktu ini buat kirim CV duluan.

 

3. Awal pekan atau akhir pekan

Berdasarkan riset Bright.com yang dilansir dari TheMuse, akhir pekan bisa jadi waktu terburuk buat kirim CV karena HRD lagi libur. Jadi, CV kamu bakal bertumpuk hingga hari Senin.

Sebaliknya, hari Senin atau hari Selasa justru jadi waktu terbaik karena HRD maupun staf udah mulai bekerja. Selain itu, cukup sedikit pelamar yang mengirimkan CV di awal pekan sehingga mempersempit saingan.

Meski demikian, di beberapa perusahaan, seperti perusahaan kreatif justru lebih fleksibel. Kamu bisa kirimkan CV pada saat akhir pekan karena justru HRD atau staf mereka punya waktu lowong di waktu tersebut.

 

4. Pagi hari atau setelah makan siang

Dilansir dari Business Insider, waktu terbaik untuk kirim lamaran kerja adalah antara pukul 6 sampai 10 pagi (06.00 – 10.00) dan tidak lebih dari pukul 4 sore (16.00).

Hal ini dikarenakan kamu ingin menjadi orang pertama yang dilihat lamarannya oleh hiring manager perusahaan tersebut.  Dengan begitu, kemungkinan kamu berada di “kerumunan” email kandidat lainnya pun menurun. Usahamu menulis email tersebut jadi tidak sia-sia dan bisa membuahkan hasil.

Lebih dari pukul 4 sore, kemungkinan besar karyawan sudah disibukkan dengan pekerjaannya.  Kalau takut lupa, tenang saja. Kamu bisa menggunakan fitur seperti dalam Gmail yang memungkinkan penjadwalan pengiriman email.

Jadi, mau itu tengah malam pun, kamu tetap dapat merangkai email lamaran tersebut terlebih dahulu, lalu menjadwalkannya untuk dikirim pada pukul 6 pagi, misalnya.

 

Itu dia penjelasan mengenai waktu terbaik untuk kirim lamaran kerja.

Kalau selama ini masih mengirim secara acak, mulai dari sekarang kamu bisa mencoba mengikuti waktu yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba ya gaesss suksesss…..

 

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *