Info Bantuan Sosial Cair 2024 Jawa Tengah, Berikut Cara Cek Nya

Kalender Penyaluran Bansos 2024: Petunjuk Pendaftaran, Verifikasi dan Registrasi Online
Tahun 2024 merupakan tahun dimana pemerintah Indonesia terus memberikan bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat (KPM) melalui program Bansos yang telah digulirkan.

Di bawah ini Anda akan menemukan informasi mengenai daftar tunjangan sosial atau bantuan sosial biasa di singkat BANSOS yang akan dibayarkan pemerintah pada tahun 2024, tata cara pengajuan, serta jadwal pembayarannya.

Bansos akan cair pada tahun 2024 Jawa Tengah dan Seluaruh Indonesia.

1.Bansos PKH (Program Keluarga Harapan)

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program bansos yang disetujui pemerintah pada tahun 2024. PKH bertujuan untuk menyantuni keluarga miskin agar mereka dapat mengakses layanan pendidikan dan kesehatan. Subjek bantuan sosial PKH akan menerima bantuan tunai sesuai dengan subjeknya seperti anak kecil, siswa SD, siswa SMA, ibu hamil, lansia, dan penyandang disabilitas.

2.Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program subsidi kepada KPM untuk membeli pangan. Pada tahun 2024, BPNT disalurkan setiap bulan dengan nominal Rp 200.000 dan pencairannya akan dimulai pada bulan Januari

3.Program Indonesia Pintar (PIP)

PIP merupakan program bantuan pendidikan bagi siswa SD, SMP, dan SMA dengan Kartu Indonesia Pintar ( TIDUR). Pada akhir tahun 2023, pemerintah akan mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) PIP dengan nominal Rp450.000 hingga Rp1.000.000.

4.Bantuan Cadangan Pendukung Pangan (CBP)

Bantuan Cadangan Pendukung Pangan (CBP) akan disalurkan dalam bentuk beras 10 kg per bulan pada tahun 2024. Penyaluran CBP akan dimulai pada Desember 2023, dengan target penerima manfaat sebanyak 21,35 juta KPM.

 

Jadwal Pencairan Bansos 2024

Presiden Joko Widodo mengatakan penyaluran dana bantuan sosial beras akan dimulai pada Januari hingga Maret 2024, untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan.

Penyaluran dana bantuan sosial seperti PKH dan BPNT akan dilakukan dalam beberapa tahap sepanjang tahun 2024. Pencairan tahap pertama akan dilakukan pada bulan Januari, Februari dan Maret Siapa yang akan dibantu Program perlindungan sosial gelombang pertama tahun 2024 adalah KPM yang memenuhi persyaratan dan masuk dalam Daftar Komprehensif Perlindungan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Cara mendaftar dan cek bansos online

1.Cara cek DTKS dari Kementerian Sosial:

Akses cekbansos.kemensos.go.id melalui mesin pencari Google.
Isi kolom dengan informasi wilayah penerima (provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan), nama lengkap penerima (sesuai KTP/Kartu Keluarga) dan kode huruf yang benar. Klik “Cari Data” setelah mengisi semua kolom dengan benar.

2.Cara Daftar DTKS Bansos 2024:

Melalui aplikasi Cek Bansos (online):
Download aplikasi Cek Bansos di Play Store ke ponsel Anda.
Buat akun baru dengan memasukkan data seperti nomor KK, KTP dan nama sesuai KK dan KTP.
Upload foto KTP dan foto selfie memegang KTP.
Setelah memverifikasi email Anda, buka aplikasi dan klik “Simpan proposal”.
Masukkan data diri sesuai tag keluarga dan KTP, serta upload foto KTP dan rumah.
Klik “Tambahkan Rekomendasi” dan tunggu prosesnya selesai.

3.DTKS 2024 yang didaftarkan untuk bantuan sosial (offline):

Mendaftar langsung di desa/Kelurahan atau melalui rekomendasi RT/RW setempat.
Usulan tersebut akan menjadi daftar awal awal yang akan dibahas dan diverifikasi.
Verifikasi lapangan dilakukan oleh perangkat desa dan dimasukkan melalui aplikasi SIKS NG.
Persetujuan dilakukan oleh Bupati/Walikota melalui Dinas Sosial Daerah.
Data yang terverifikasi akan diolah dan dipublikasikan oleh Kementerian Sosial sebagai agregat data perlindungan sosial.

Dengan memahami jadwal pencairan bansos tahun 2024 dan langkah-langkah pendaftarannya, diharapkan masyarakat penerima manfaat dapat dengan mudah mengakses bansos yang diberikan. oleh pemerintah. Transparansi dan ketepatan penyaluran bantuan sosial menjadi kunci menjamin kehidupan yang bermartabat di seluruh lapisan masyarakat.