Cara Registrasi Bansos 2024 dan Petunjuk Penggunaannya

Pemerintah Indonesia menegaskan tekadnya untuk memberikan bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat (KPM) guna meningkatkan kesejahteraannya. Pada tahun 2024, terdapat tiga jenis bantuan sosial (Bansos) yang dapat dibayarkan kepada KPM, yaitu tunjangan sosial PKH, BPNT, dan tunjangan sosial beras sebesar 10 kg per bulan.Jenis bantuan sosial atau Bansos yang akan diberikan

1.Bansos PKH (Program Keluarga Harapan)

Bansos PKH bertujuan untuk membantu keluarga miskin mengakses pendidikan dan layanan kesehatan. Penerima manfaat PKH akan menerima bantuan secara berkala dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi agar dapat terus memperoleh manfaat dari dukungan ini.

2.BPNT (bantuan pangan non tunai)

Program BPNT memberikan subsidi kepada KPM untuk pembelian pangan. Penerima manfaat BPNT juga harus memenuhi kriteria tertentu agar dapat terus memperoleh manfaat dari dukungan ini.

3.DukunganPemberian  beras 10 kg per bulan

Selain PKH dan BPNT, pemerintah juga memberikan dukungan berupa 10 kg beras per bulan kepada KPM. Dukungan ini dimaksudkan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Kriteria kelayakan kesejahteraan

Penerima bantuan sosial pada tahun 2024 kemungkinan besar adalah masyarakat yang juga menerima bantuan serupa pada tahun sebelumnya (2023). Pemerintah akan melakukan audit langsung untuk memastikan KPM masih memenuhi syarat sebagai penerima bansos. Jika Anda dianggap mampu dan memiliki kehidupan yang layak, Anda tidak akan lagi menerima tunjangan sosial pada tahun ini.

Subjek yang terdaftar sebagai subjek PKH dan BPNT otomatis mendapat bantuan berupa beras 10 kg per bulan.

Baca Juga: Info Bantuan Sosial Cair 2024, Berikut Cara Cek Nya

 

Jadwal pencairan bansos

Informasi terkini, pencairan ketiga bansos tersebut akan dilakukan pada awal Februari 2024. Pencairannya akan dilakukan dalam beberapa tahap sepanjang tahun dan tahap pertama pada bulan Januari, Februari, dan Maret. periode.

Penerima manfaat BPNT dan PKH tahap pertama tahun 2024 dipastikan menjadi KPM yang memenuhi syarat dan masuk dalam Daftar Perlindungan Sosial Terpadu (DTKS) Kementerian Sosial. Penyaluran bantuan didasarkan pada data DTKS yang diaudit pemerintah secara berkala.

Cara mendaftar atau registrasi bansos 2024 dan cek bansos online

Untuk memastikan Anda atau keluarga masuk dalam daftar penerima bansos, Anda bisa mengeceknya melalui situs resmi Kementerian Sosial. Berikut langkah-langkahnya:

Akses link cekbansos.kemensos.go.id melalui mesin pencari Google.
Isi kolom yang wajib diisi dengan benar antara lain wilayah penerima, nama lengkap sesuai KTP/Kartu Keluarga, dan kode pos Anda.

Setelah mengisi semua kolom, klik “Cari Data” untuk mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima kesejahteraan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, KPM diharapkan dapat menjamin kelayakan dan keberlanjutan penerimaan bansos sesuai aturan yang berlaku. Pemerintah berkomitmen untuk terus menjaga keterbukaan dan transparansi penyaluran bantuan sosial guna menunjang kehidupan yang bermartabat bagi seluruh masyarakat.

Tag: Cara mendaftar dan cek bansos online, Jadwal pembayaran bansos, Jenis bansos yang akan diberikan, Kriteria penerima bansos 2024